--> Begini Cara Mengetahui Jenis Ban Yang Kita Pake! Radial atau Bias? | Agen Rahasia

Blog sharing


Rabu, 05 Desember 2018

Begini Cara Mengetahui Jenis Ban Yang Kita Pake! Radial atau Bias?

| Rabu, 05 Desember 2018
Erulblog - Malam brosist pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang jenis-jenis ban berdasarkan konstruksinya yang belum baca silahkan klik pada link tersebut. Nah sekarang yang jadi pertanyaan adalah bagaimana kita mengetahui ban yang kita pakai itu jenis konstruksinya apa? Apakah kosntruksinya radial atau bias? sedangkan konstruksi ban kan terbungkus oleh lapisan belt dan karet ban. Apakah perlu di sayat atau disobek dulu biar tahu konstruksi di dalamnya? rusak dong brosist hehehe gak jadi dipake nanti ban nya.


Tenang brosist jangan sampe disayat atau di sobek bagian ban tersebut kecuali gak mau dipake lagi terus untuk nyayat dan nyobeknya juga susah loh perlu peralatan yang memadai. terus bagaimana dong kita bisa mengetahui bahwa ban yang kita pake atau gunakan itu ban jenis radial atau bias?

Ok, yang harus brosist lakukan sebetulnya sangatlah mudah, brosist check ukuran yang tertera pada ban tersebut. loh apa hubungannya ukuran ban dengan jenis konstruksi ban? ada dong hehehe. nah pada ukuran ban biasa nya terdapat beberapa penulisan sebagai berikut :

1. 185/65 R 15 86H      (biasanya penulisan ini digunakan pada ban mobil-mobil penumpang)
2. 31 x 10,5 R 15 109S (biasanya penulisan ini digunakan pada ban-ban SUV)
3. 90/80 - 17                 (Contoh penulisan ukuran ban di ban sepeda motor)
4. 11 R 22,5                  (Penulisan ukuran ban untuk ban Truck dan Bus)
5. 10.00 - 20                 (Penulisan ukuran ban untuk ban Truck dan Bus)

Dan masih banyak lagi contoh penulisan ukuran ban lainnya.

Nah setelah brosist liat ukuran ban yang dipake perhatikan cara penulisannya sebagai contoh 185/65 R 15 86H, nah disitu ada tulisan huruf "R" nah huruf R tersebut memiliki arti bahwa ban yang brosist gunakan jenis nya adalah "Radial". jadi huruf R disitu bukan memiliki arti RIM atau RING tapi "Radial" mudahkan brosist.


Sekarang bagaimana cara mengetahui kalau ban yang kita gunakan jenis konstruksi nya "Bias" caranya sama brosist tinggal liat ukurannya sebagai contoh 90/80 - 17 dan 10.00 - 20 pada ukuran tersebut terdapat tanda strip/minus "-", nah tanda strip atau minus tersebut menunjukan bahwa ban tersebut memiliki konstruksi "Bias".


Baca Juga : Ban Tubeless vs Ban Tube Type

Pada ban jenis Radial biasanya juga terdapat tulisan kecil di bagian samping ban nya bertuliskan "Radial" tapi mungkin perlu waktu untuk mencari tulisan tersebut karena kecil berbeda dengan tulisan ukuran di ban biasanya cukup besar angka dan huruf penulisannya.

Gampang kan brosist? sekarang coba check ban yang dipake oleh brosist semua jenisnya radial apa bias? silahkan tulis komentar kalian brosist (erb)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar