--> Bagian-bagian/Komponen Ban (Pneumatic Tire) Part-2 | Agen Rahasia

Blog sharing


Minggu, 02 Desember 2018

Bagian-bagian/Komponen Ban (Pneumatic Tire) Part-2

| Minggu, 02 Desember 2018
erulblog - Hallo brosist balik lagi nih kita bahas tentang ban, setelah kita bahas di artikel sebelumnya mengenai bagian-bagian ban part-1 dan juga tentang konstruksi ban kali ini admin akan melanjutkan pembahasan tentang bagian-bagian ban part-2.

Ban pneumatic (ban yang diisi tekanan angin) bukan ban solid ya brosist, ban ini memiliki banyak komponen di dalamnya, dari gabungan komponen-komponen atau bagian-bagian ban tersebut maka jadilah sebuah ban yang mempu menyangga beban dengan baik sebagimana fungsi utama dari ban.

Nah brosist bisa perhatikan gambar dibawah ini, komponen-komponennya banyak banget kan?


Dari gambar diatas kita bahas satu persatu ya :

1. Telapak Ban/Tread
Bagian ban ini sering disebut kembangan ban oleh beberapa mekanik ataupun penjual ban, sebetulnya bahasa kerennya yaitu tread atau telapak ban. Bagian ini terbuat dari karet dengan compound khusus supaya mampu mencengkram baik ke permukaan jalan.

2. Shoulder
Bagian ini berfungsi sebagai penghubung antara bagian telapak ban yang memiliki compound kaku dan bagian sidewall yang memiliki compound lentur.

3. Sidewall
Atau sering disebut dengan bagian samping ban berfungsi menjadikan ban ini memiliki kenyamanan dan juga berfungsi sebagai pelepas panas pada ban

4. Cap Plies
Cap Plies terbuat dari benang polyester berfungsi menjaga kekakuan/pergerakan steel belt, biasanya cap plies di aplikasikan pada ban UHP (ultra high performance) jadi tidak semua ban menggunakan cap plies. 

5. Bead
Bead atau disebut juga dengan "hil" oleh para pelaku ban di lapangan terbuat dari lilitan kawat baja yang berfungsi sebagai angkur supaya ban ngeplak/presisi di velg.

6. Inner Liner
Terbuat dari lapisan karet khusus berfungsi sebagai penampung udara/kantung udara. berperan sebagai pengganti ban dalam pada jenis ban tubeless

7. Bead Filler
Bead Filler berfungsi supaya ban stabil dan juga nyaman

8. Carcass/Casing/Ply
Bagian ini sebagai bagian utama dari ban berfungsi sebagai konstruksi dasar dari ban ada yang terbuat dari benang polyester dan ada juga yang terbuat dari lapisan kawat baja.

9. Steel Belt
Terbuat dari kawat baja yang berfungsi supaya ban mampu menelapak sempurna terhadap permukaan jalan

10. Edge Cover
Berfungsi melindungi ujung steel belt supaya tidak langsung menusuk karet

Nah brosist banyak kan komponen-komponen ban tersebut, jika ada yang mau didiskusikan silahkan komen di kolom komentar. (erb)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar