--> Ban Semi Radial, Emang Ada Ya? | Agen Rahasia

Blog sharing


Selasa, 20 November 2018

Ban Semi Radial, Emang Ada Ya?

| Selasa, 20 November 2018
erulblog - Hallo brosist..ngomongin tentang ban ternyata fakta dilapangan banyak sekali orang yang salah tentang jenis dari konstruksi ban, dilapangan orang mengenal 3 jenis ban menurut konstruksinya yaitu ban jenis standar, ban jenis radial dan ban jenis semi radial, hehe ada yang tahu ban semi radial brosist? hehehe jangan-jangan kalian fahamnya semi yang lain ya. hehe just kidding brosist.

Selain itu juga dilapangan ketika ditanya apa perbedaan antara ban radial, standar dan semi radial? rata-rata mereka menjawab, oh radial kembangannya halus, ban radial tidak pake ban dalam, ban radial untuk mobil kecil, oh ban standar kembangannya alur cacing, ban standar untuk mobil truk atau bus, oh ban semi radial ban radial yang pake ban dalam dan lain-lain.

Sebetulnya ada berapa jenis konstruksi ban dan apa perbedaanya? Ok kita langsung bahas saja brosist, secara konstruksi ban itu di bagi menjadi 2 jenis saja yaitu :

1. Ban Radial
Ban ini memiliki konstruksi susunan benang carcass/casing/ply tegak lurus/90 derajat terhadap garis tengah ban. minimal lapisan carcassnya satu lapis (genap ganjil tidak masalah karena arah tumpukan benang carcass nya sama) 

2. Ban Bias
Ban ini sering disebut juga ban standar, ban bias memiliki konstruksi susunan benang carcass/casing/ply menyilang/diagonal terhadap garis tengah ban, dan jumlah lapisan benang carcassnya selalu genap, kenapa harus genap? karena diagonal jadi biar seimbang/balance, kalau lapisannya ganjil nanti tidak seimbang. coba perhatikan gambar dibawah ini.
Jadi tidak ada yang namanya ban semi radial, kalaupun masih tetep ngeyel ban semi radial itu ban radial yang pake ban dalam ya tetep secara konstruksi ban itu ban radial tetapi jenisnya tubeless atau tidak pake ban dalam, karena secara jenis ban itu dibagi menjadi 2 Jenis juga yaitu :

1. Ban Tubeless (Tidak pakai ban dalam)
2. Ban Tube Type (Pakai ban dalam)

Kedua jenis konstruksi diatas yaitu radial dan bias memiliki tipe yang sama jadi radial ada yang tubeless dan ada yang tube type begitu pula ban bias ada yang tubeless dan ada yang tubetype.

Gimana bray sudah jelas? gak ada kan ban semi radial? silahkan isi komentar bray kalau belum jelas kita diskusi bareng. (erb)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar